Senin, 28 November 2011

HUT ke-9 KSU Citra Buana Raya Ubah Citra Koperasi (Edisi 11)

Serangkaian ulang tahunnya yang ke-9, Koperasi Serba Usaha (KSU) Citra Buana Raya mengadakan beberapa kegiatan pada 22 Oktober lalu. Puncaknya, ditandai dengan pengundian hadiah utama tabungan, berupa satu unit sepeda motor.


Manager KSU Citra Buana Raya, I Made Suardana, menceritakan berbagai kegiatan yang dilaksanakan serangkaian hari ulang tahun ini merupakan bentuk apresiasi yang diberikan koperasi kepada anggota koperasi dan juga masyarakat. Apresiasi ini diberikan karena selama ini masyarakat telah memberikan dukungan terhadap KSU Citra Buana Raya.

“Semua kegiatan ini kami lakukan sebagai wujud apresiasi kami kepada masyarakat yang telah menjadi anggota maupun non-anggota dari koperasi ini, yang telah memanfaatkan jasa yang kami sediakan. Kami tentu tak akan mampu menjadi seperti sekarang, jika tak mendapat dukungan dari masyarakat,” ujarnya.


Perayaan HUT ini juga dilakukan demi memberikan perubahan citra koperasi yang selama ini di benak masyarakat identik dengan lembaga yang lemah dan kurang kompetitif. Pemberian hadiah undian berupa sepeda motor akan mampu mengubah citra koperasi, sehingga lebih dilirik oleh masyarakat.

Dengan demikian ke depannya diharapkan masyarakat tak akan takut lagi untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan koperasi. Hal ini berdampak bukan hanya pada citra, akan tetapi koperasi mampu memberikan dampak yang lebih luas dan besar bagi masyarakat.

“Ini sesuai dengan pesan presiden dalam perayaan HUT koperasi yang ke-64 lalu. Saat itu presiden meminta dilaksanakan revitalisasi koperasi yang salah satunya dengan membangun citra koperasi, sehingga masyarakat gemar untuk ikut berkoperasi,” ujarnya.

Pemberian hadiah ini di samping sebagai timbal balik atas kontribusi masyarakat, juga untuk mengubah kesan bahwa koperasi selalu kecil. Dengan demikian mindset masyarakat tentang koperasi diharapkan berubah.

Tak hanya pengundian hadiah dengan hadiah utama berupa satu unit sepeda motor. Serangkaian HUT juga dilaksanakan persembahyangan bersama dan juga kunjungan ke panti asuhan yang ada di Gianyar. Ini menjadi bentuk kepedulain KSU Citra Buana Raya terhadap keberadaan anak-anak yang kurang beruntung yang menghuni panti.

Apresiasi dan kepedulain yang ditunjukkan KSU Citra Buana Raya terhadap masyarakat sekitar tak hanya sampai di sini. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan beasiswa kepada anak-anak berprestasi tetapi kurang mampu. “Kami berikan juga beasiswa. Ini sesuai dengan prinsip dasar koperasi yang diharapkan dapat memberikan kesejahteraan pada masyarakat, khususnya anggota,” ujar Suardana.
Kemampuan koperasi untuk menjadi besar, memang telah ditunjukkan oleh KSU Citra Buana Raya yang didirikan sejak 2002 ini. Jika pada awalnya kantor koperasi ini selalu “nomaden” dari sau rumah anggota ke rumah anggota yang lain, saat ini koperasi ini telah memiliki kantor sendiri.

Kini, koperasi ini juga telah memiliki sekitar 200 anggota. Sementara itu jumlah masyarakat yang dilayani ada sekitar 400 orang. Bahkan KSU Citra Buana Raya juga memiliki produk unggulan yakni Simpanan Berjangka yang dikenal dengan Simas, serta tabungan harian yang berhadiah.

“Saat ini koperasi tak lagi seperti dulu. Koperasi bisa berdiri sejajar dengan lembaga sejenis lainnya. Lihat saja banyak koperasi yang memiliki asset yang besar. Koperasi juga sudah bankable dan dilihat oleh Bank Umum seperti KSU Citra Buana Raya ini. Bahkan BNI 46 dan BPD bekerja sama dengan kami,” kata Suardana.


Untuk mengembangkan koperasi ini, Suardana menceritakan KSU Citra Buana Raya selalu berusaha mendorong para anggota untuk mengembangkan usaha. Menurutnya koperasi akan berkembang dengan baik jika selalu melibatkan dan didukung oleh masyarakat sekitar. Dan ke depan, ia juga berharap pemerintah terus memberikan apresiasi terhadap keberadaan koperasi yang selama ini telah mampu menjadi soko guru ekonomi Indonesia.
Bagikan

SAJIAN TERBARU LAINNYA