Sabtu, 24 Desember 2011

KERAGAMAN HORTIKULTUR INDONESIA DIPAMERKAN "LIVE" (Edisi 12)

Keragaman hortikultur Indonesia dipamerkan secara "live" selama 4 hari dalam ajang Pekan Flora Flori Indonesia 2011 yang sekaligus dirangkai dengan Sanur Village Festival 2011 di Pantai Matahari Terbit, Sanur, 18-22 November lalu. Tak hanya memamerkan produk-produk hortikultur yang telah siap konsumsi, di area seluas 9 hektar tersebut, pengunjung bisa melihat proses penanaman dan pemeliharaan tanaman secara langsung.

Pada ajang yang mengambil tema Flower Fiesta itu, dipamerkan 95 varietas sayur dan buah unggul yang memang dibudidayakan langsung di lokasi sejak 4 bulan lalu. Sebagian besar produk sayur dan buah-buahan tersebut juga juga sudah siap dipanen. Berbagai varietas sayur dan buah unggul tersebut seperti 11 varietas chilli, beberapa varietas tomato, eggplant, longbeans, watermelon, melon, cucumber, bitter melon, squash, cabbage, and sweetcorn.

Berbagai kompetisi juga meramaikan even tersebut seperti decorative plant competition, fruit carving competition, orchid competition, vegetable and herbal plant display competition, drawing competition, fruit arranging competition, Gebogan (Balinese Hindu fruit tower offering) competition , dan lainnya. Horticulture Parade yang diramaikan mobil berhias berbagai sayur, buah, bunga, dan berbagai produk hortikultur juga meramaikan kegiatan. Di arena yang sama, juga digelar bazaar and food festival, sport and fun games, water sport competition, yoga festival, bonsai exhibition, dan berbagai pertunjukan kesenian.

"Melalui ajang ini kita berharap ada satu tekad bersama untuk membangun hortikultura Nusantara yang kuat. Apalagi Indonesia memiliki berbagai macam produk hortikultur unggulan," ujar Menteri Pertanian RI Suswono saat membuka ajang tersebut, Sabtu, 19 November malam. Prosesi pembukaan ajang Pekan Flora Flori Indonesia 2011 sekaligus Sanur Village Festival tersebut ditandai dengan penancapan "kayonan" atau "gunungan" yang biasanya digunakan dalam pewayangan. Kayonan ini merupakan simbol alam lingkungan yang dalam acara ini diwujudkan pameran berbagai varietas tanaman.( viani)
Bagikan

SAJIAN TERBARU LAINNYA