Sabtu, 24 Desember 2011

SAATNYA BERALIH KE ORGANIK (Edisi 12)

16 November lalu, Gabungan Kelompok Tani Ganasari, Desa Buangga, Kecamatan Petang Kabupaten Badung, meresmiKan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO). UPPO dengan kapasitas lima puluh ekor sapi ini,  merupakan wujud nyata bantuan pemerintah pusat dalam upaya mengubah perilaku petani, beralih dari penggunaan pupuk anorganik ke organik. Di sisi lain, ini  meningkatkan taraf hidup petani. Gapoktan Ganasari tak hanya dibantu bangunan kandang sapi, tetapi juga diberikan 35 ekor sapi, tiga unit mesin doros padi, satu unit gerobak motor.  Total bantuan senilai Rp 340 juta. Sementara tambahan 15  ekor sapi dibeli atas swadaya masyarakat.

Ke depan,  UPPO Buangga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan pupuk organik. Perubahan pola hidup masyarakat yang telah menyadari pentingnya mengkonsumsi sumber makanan organik, membuka peluang besar bisnis pupuk organik. Industri pertanian dan perkebunan pun mulai beralih menggunakan pupuk organik. Gerakan penyadaran akan pentingnya sumber-sumber organik ini terus digalakkan, sebagaimana diungkapkan Dr. Ir. Ni Luh Kartini, MS, saat memberi pengarahan di hadapan anggota Gapoktan Ganasari.

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Lahan dan Air (PLA), AA Rai Wirawan, yang turut hadir mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Badung, bantuan yang diterima oleh Gapoktan Ganasari Desa Buangga merupakan bantuan pemerintah pusat yang disalurkan melalui program Pengelolaan Lahan dan Air. Kriteria berdasarkan prestasi sebagai pelaku pertanian organik.
Bagikan

SAJIAN TERBARU LAINNYA