Jumat, 17 Februari 2012

Klinik (Edisi II/2012)

T :
Usaha kami di bidang IT sudah berjalan lama. Kami bermaksud mengembangkan usaha kami, hanya saja terbentur soal modal. Dimanakah kami bisa mengajukan pinjaman modal agar usaha kami dapat berkembang?

I Made Budiasa
Jl. Nangka Utara
Denpasar

J :
Persaingan bisnis di IT sangatlah ketat, segalanya harus dievaluasi jangan sampai terjebak dan telanjur mengucurkan modal besar. Jika hal itu terjadi, maka kemungkinan besar kebangkrutan siap menanti kita karena produk IT cepat sekali berganti yang tercanggih. Oleh karena itu lakukan market terlebih dahulu. Modal usaha di bidang IT cukup besar. Untuk dapat mengakses dana diperlukan pembukuan yang bagus dan rapi.  Bapak bisa coba ke BUMN untuk menjadi mitra usaha karena akan dibina terus dan bunga pinjamannya cukup murah yaitu 6% per tahun.

T :
Koperasi kami sudah ada sejak tahun 2003. Kami sebagai pengurus baru, belum ada kejelasan apakah koperasi ini sudah berizin atau belum, karena dokumen yang terdahulu tidak ada. Kemana kami bisa memperoleh informasi mengenai izin koperasi kami?

Suci
Jl.Imam Bonjol,
Denpasar

J :
Untuk Izin koperasi sebaiknya Ibu menanyakan terlebih dahulu ke pengurus yang lama. Kalau memang belum juga menemukan titik temu, Ibu bisa langsung datang ke Dinas Koperasi dan UKM Kota Denpasar ke bagian kelembagaan/bina usaha koperasi untuk menanyakan apakah ada pengajuan izin dari pengurus sebelumnya. Jika tidak, maka permohonan diulang dan mohon pembinaan karena Ibu tinggal di Kota Denpasar, jika semua anggota Ibu berdomisili di Kota Denpasar.  Brosur yang memuat langkah-langkah pendirian koperasi, bisa Ibu lihat pada  brosur yang kami sediakan di Klinik KUMKM Bali secara cuma-cuma.
Bagikan

SAJIAN TERBARU LAINNYA