Jumat, 18 Mei 2012

ANDROID LEBIH CEPAT, LEBIH SEMPURNA (Edisi V/2012)

Dulu, handphone (HP) berfungsi sebatas alat komunikasi untuk sekadar menelpon atau mengirim short messages service (SMS). Seiring perkembangan alat komunikasi dengan aplikasi yang ditambahkan kepadanya, HP berubah menjadi sebuah gaya hidup, dimana fungsinya menyediakan hiburan hingga mendukung memudahkan pekerjaan.

Kehadiran android salah satunya. Mungkin bagi beberapa orang masih belum tahu apa itu android. Sistem Operasi Android sendiri merupakan sebuah sistem operasi yang ditujukan untuk perangkat mobile seperti SmartPhone dan Tablet. Sistem operasi ini telah dikembangkan oleh Google Inc. Sebenarnya adalah pengembangan dari sistem operasi linux, karena merupakan modifikasi kernel Linux 2.6.

Pada perkembangannya, sistem operasi ini bisa dibilang fenomenal, karena sejak pertama kali rilis September 2007 sampai sekarang, Android OS sudah mencapai kesuksesan yang sangat pesat bahkan sekarang ini sudah menguasai pasar teknologi mobile melebihi produk-produk yang sebelumnya termasuk Iphone.
Jika dibandingkan dengan system operasi lainnya, ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh perangkat yang berbasis android. Yang pertama tentu Multitasking, HP Android bisa menjalankan berbagai aplikasi, itu artinya bisa dipakai browsing, facebookan sambil mendengarkan  lagu.

Kemudahan dalam notifikasi, setiap ada SMS, email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi di Home Screen Ponsel Android, tak ketinggalan lampu LED indikator yang berkedip-kedip, sehingga tidak akan terlewatkan satu SMS, email ataupun misscall sekalipun.

Pilihan ponsel yang beranekaragam, bicara ponsel Android, akan terasa ‘beda’ dibandingkan dengan iOS. Jika iOS hanya terbatas pada iPhone dari Apple, maka Android tersedia di ponsel dari berbagai produsen, mulai dari Sony Ericsson, Motorola, HTC sampai Samsung. Dan setiap pabrikan ponsel pun menghadirkan ponsel Android dengan gaya masing-masing, seperti Motorola dengan Motoblur-nya, Sony Ericsson dengan TimeScape-nya. Jadi Anda bisa leluasa memilih ponsel Android sesuai dengan merk favorit.

Sejarah 

Sejak dikembangkan, ada beberapa generasi Android. Terhitung sejak tahun 2007 hingga 2011 telah ada 8 generasi dari Android.

 Android Versi 1.1 (tanpa nama)
Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Android Versi 1.5 (Cup Cake)
Cupcake seharusnya merupakan OS Android versi 1.2, namun Google memutuskan untuk membuat sebuah revisi besar dan membuatnya menjadi 1,5, dan memberinya nama makanan penutup "cupcake" sebagai kode nama, dan saat itulah "seri makanan penutup" pun dimulai.

Android Versi 1.6 (Doughnut/Donut)
Donut dirilis pada September 2009 dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya. Penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.

Android Versi 2.1 (Éclair)
Sistem operasi ini dirilis 26 Oktober 2009. Yang berubah dari versi ini salah satunya adalah tanpilannya. Selain itu, Android Eclair juga mengalami peningkatan dalam akun email, dimana dapat memiliki beberapa akun email sekaligus atau disebut multiple account. Koneksi bluetooth dalam Eclair juga telah diperbaharui ke versi 2.1. Pengoptimalan hardware, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP dan digital zoom. Yang paling signifikan adalah fitur live wallpaper yaitu wallpaper yang dapat bergerak menggunakan animasi sehingga wallpaper terkesan lebih nyata.

Android Versi 2.2 (Frozen Yoghurt/Froyo)
Android 2.2 Froyo, lebih cepat! lebih lapang! lebih sempurna! Itulah pertama kali yang akan dikatakan oleh pengguna froyo. Android 2.2 OS Froyo ini memiliki banyak perkembangan dari generasi sebelumnya, Eclair. Yang menjadi hal awal penilaian Android Froyo adalah performa dan kecepatan : Berbagai hasil uji telah menunjukkan Android 2.2 lebih cepat dan stabil.
Android Froyo, dirilis pada tanggal 20 Mei 2010. Yang membuat versi ini berbeda dari versi sebelumnya adalah kemampuan untuk melakukan Tethering, dimana gadget Android kita dapat dijadikan hotspot Wi-Fi! Mayoritas handphone Android sekarang menggunakan versi ini khususnya Samsung Galaxy Series.

Android Versi 2.3 (Ginger Bread)
Versi ini baru saja dirilis pada 6 Desember 2010. Versi ini lebih ditujukan kepada smartphone yang memiliki prosesor dan layar yang lebih besar. Versi ini juga telah menyediakan fitur copy/paste yang telah dinanti-nantikan banyak orang. Selain itu diberikan pula download manager yang baru untuk kemudahan mengorganisir file-file yang di-download di Android.

Android Versi 3.0/3.1/3.2 (Honey Comb)
Honeycomb dirilis Februari 2011, dan dengan cepat diikuti oleh versi 3.1 dan 3.2 yang hanya keluar pada bulan Juli/Agustus 2011. Google memposting banyak preview dan highlight pada Honeycomb.
Tablet berbasis Android 3.x berjalan seperti yang akan dioptimalkan untuk tablet, (menyiratkan OS Android saat ini tidak benar-benar dirancang untuk tablet). Motorola Xoom adalah tablet Android pertama dengan versi 3.x, dan sejak itu diikuti oleh satu ton perangkat Tablet.

Android Versi 4.0 (Ice cream sandwich)
Diumumkan 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

KEUNGGULAN ANDROID

SEBELUM perangkat berbasis Android OS menjadi trend di masyarakat, telah ada perangkat pabrikan RIM yang dikenal dengan Blackberry. Tak jarang mereka yang ingin membeli perangkat smartphone merasa kebingungan. Jangan bingung lagi. Dengan perkembangan android yang begitu cepat sepertinya sah-sah saja jika Anda beralih.

Dari sisi performance BlackBerry memang cepat dan stabil, tetapi kadang terjadi phone-hang yang mengharuskan Anda mengeluarkan baterai dari tempatnya dan yang paling menyebalkan adalah proses re-boot: 3-8 menit. Sementara itu Android sangat cepat. Belum ada keluhan tentang phone-hang yang mengharuskan baterai keluar dari tempatnya, kecuali jika ingin ganti SIM card. Proses re-boot berlangsung cepat.

Dari sisi penggunaan baterai, umur baterai BlackBerry memang luar biasa. Wajar saja, ini karena BB tidak banyak melakukan proses berbagai aplikasi seperti pada Android. Baterai Android memang tergolong boros, tapi kadang bisa sampai satu hari. Tapi harus diingat bahwa ponsel Android memakai baterai untuk banyak hal. Contohnya jika Anda memakai ponsel Android untuk brwosing web atau nonton video sampai 1 jam, pastinya itu membutuhkan daya baterai lebih. Dan, bisakah BlackBerry melakukan hal yang sama selama itu? (ayu)
Bagikan

SAJIAN TERBARU LAINNYA