Senin, 21 Mei 2012

MEMBUAT ORANG LAIN TERSENYUM (Edisi V/2012)

Oleh :
LK Budi Martini, SE.,MM




Jika kita seseorang yang selalu berpikiran positif, pasti berupaya dalam segala tindakan bisa menyenangkan orang lain. Kita akan merasa berbahagia bila mampu membuat orang lain bahagia, senang, tersenyum dan hal-hal positif lainnya, terutama teman dekat, sahabat  atau anggota keluarga. Tidak ada sesuatu yang lebih menyenagkan bagi kita jika mampu membahagian atau menyenangkannya dengan cara-cara yang sederhana.
Berikut, tips untuk membuat orang-orang di sekitar kita tersenyum.

a. Berikan Hadiah Kejutan
Menerima hadiah ulang tahun akan selalu menyenangkan, tetapi akan lebih mengejutkan jika kita dapat memberikan sebuah hadiah di hari biasa. Belikan sebuah buku yang menjadi best seller atau sebuah buku yang menjadi kesukaannya atau hadiah-hadiah kecil lainnya yang kira-kira kita tahu si penerima akan menyukainya.

b. Tulislah Ucapan Terima Kasih
Ini adalah hal yang sangat-sangat sederhana, namun mempunyai arti yang amat penting. Tulislah ucapan “terima kasih” hari ini kepada seseorang yang telah membantu kita menyelesaikan tugas atau seseorang yang telah melakukan sesuatu untuk kita. Bisa kepada orangtua, anak, kolega, teman, atau bahkan seorang pelayan toko yang telah dengan ramah melayani.

c. Belikan Kue/Permen/Coklat Kesukaan
Meskipun kita telah dewasa, kue/permen/coklat masih merupakan hal yang dapat membuat kita tersenyum. Jika seseorang sedang bersedih, belikan ia kue/permen/coklat kesukaannya. Kita dapat memberikannya bersama-sama dengan tulisan ”terima kasih”. Kita tidak perlu membelikan permen/coklat yang mahal. Kalau bisa, cari kue/permen/coklat favoritnya sejak ia masih kanak-kanak.

d. Pasang Screensaver atau Wallpaper Lucu pada Komputernya
Jika kita sedang berada di kantor, mengapa kita tidak mencoba untuk mengubah screensaver komputer rekan kerja kita dengan sesuatu yang menyenangkan atau lucu pada saat ia sedang tidak berada di mejanya? Atau misalkan di rumah, diam-diam kita merubah wallpaper komputer milik pasangan kita  atau orangtua kita. Pasanglah screensaver atau wallpaper yang kira-kira kita tahu dapat membuat orang tersebut tertawa. Jika bisa, cobalah cari screensaver atau wallpaper yang berhubungan dengan favoritnya.

e. Kirimkan Kartu ucapan
Satu tingkat di atas tulisan “terima kasih” yaitu kita  mengirimkan sebuah kartu ucapan yang tidak akan ia duga sebelumnya. Ucapan selamat telah mendapatkan pekerjaan baru atau selamat atas kelulusan akan selalu membuat seseorang tersenyum. Kita harus sedikit kreatif.  Setiap orang pasti  selalu memiliki peristiwa-peristiwa yang spesial untuk kita ucapkan selamat pada seseorang.

f. Buatkan Sarapan Favoritnya
Jika dengan keluarga di rumah,  umumnya sarapan pagi adalah makanan yang tidak boleh diabaikan. Banyak pilihan makanan untuk sarapan pagi. Satu kali di pagi hari, bangunlah lebih awal dan siapkan sarapan untuk anggota keluarga di rumah. Kita bisa menyajikan roti, cereal atau nasi goreng.

g. Buatlah Foto Album Unik
Kumpulkan beberapa foto keluarga atau rekan-rekannya dan taruhlah menjadi satu pada sebuah foto album yang unik. Kita bisa menggunakan jasa orang lain untuk mendesain foto-foto tersebut dan mencetaknya dengan yang kita inginkan. Jika memungkinkan, carilah foto-foto masa kecilnya.

h. Berikan Waktu Bersantai
Jika kita mengetahui seseorang sedang bersama anaknya, tawarkan untuk mengajak anaknya bermain. Bagi orangtua yang sibuk akan sulit mendapatkan waktu untuk bersantai dan memulihkan energi. Ajaklah anaknya ke taman bermain, toko es krim atau tempat-tempat bermain anak lainnya.

i. Buatlah Buku tentang Peristiwa Spesial dalam Hidupnya
Ini memang membutuhkan cukup usaha dalam merencanakan dan menyiapkan buku tersebut, namun akan menjadi harta karun yang tak ternilai bagi orang tersebut. Kumpulkan semua dokumentasi yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa spesial dalam hidupnya dan susunlah, apalagi dilengakpi dengan foto-foto, maka bisa akan menjadi lebih menarik.

j. Lakukan Tugas-Tugasnya
Tidak ada yang lebih menyenangkan selain mengetahui ketika pulang ke rumah menemukan seseorang telah menyapu rumah dan membersihkan dapur. Singsingkan lengan baju  dan mulailah beraksi. Biasanya hal ini dilakukan untuk pasangan atau orangtua kita.

Semua tips di atas, bisa kita lakukan. Apakah Anda mau mencobanya?

LK Budi Martini, SE.,MM,  adalah Dosen Fak. Ekonomi Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar, dan juga seorang Instruktur Kepribadian, Service Exellent, Komunikasi, serta Etika dan Kepribadian.

Bagikan

SAJIAN TERBARU LAINNYA