Kamis, 28 Juni 2012

KSU Kharisma Madani DARI URUSAN BERAS SAMPAI SAMPAH (Edisi VI/2012)


Sebagian besar unit usaha koperasi memilih cara “enak dan gampang” membesarkan usahanya. Alhasil, sebagian besar mereka hanya fokus bekerja dengan unit usaha simpan pinjam yang cukup jelas perhitungan bisnisnya. Tapi Koperasi Serba Usaha (KSU) Kharisma Madani tidak memilih opsi itu. Koperasi yang berdiri 2006 ini memilih terus mengembangkan usaha. Targetnya pun tak hanya menyejahterakan anggota, tetapi juga non anggota.

Saat dibentuk oleh 41 orang pendirinya di tahun 2006, tak jauh berbeda dengan koperasi lain. KSU Kharisma Madani merintis dari unit usaha simpan pinjam dengan modal awal hanya Rp 28 juta. Tapi tak hanya itu. Koperasi yang berkantor pusat  di Jalan Raya Sesetan  371, Denpasar Selatan ini juga sudah mulai melakukan pengembangan usaha di tahun yang sama, dengan menyediakan jasa pembayaran rekening listrik dan telepon.

Belum genap setahun, KSU Kharisma Madani memilih melakukan pengabdian kepada masyarakat di wilayah sekitar kantor pusatnya dengan penyediaan layanan pengangkutan sampah. Layanan pengangkutan sampah dikhususkan bagi warga Banjar Gaduh, Sesetan, tempat Kharisma Madani membangun kantor pusat.

KSU Kharisma Madani menyediakan satu unit mobil truk untuk pengangkutan sampah, sekaligus menyediakan dua tenaga kerja yang sehari-hari bertugas mengoperasikannya. Setiap hari, mereka berkeliling ke semua rumah penduduk di wilayah Banjar Gaduh untuk mengangkut sampah.

“Ini murni merupakan pelayanan kepada masyarakat. Kami merasakan sendiri betapa susahnya membuang sampah. Dari situlah kami berpikir untuk menyediakan layanan pengangkutan sampah. Kami ingin ikut membantu mengatasi masalah sampah di perkotaan,” tegas Ketua KSU Kharisma Madani, Putu Sumedana Wahyu kepada redaksi Galang Kangin.

Kepada masyarakat setempat? Sumedana mengakui, pihak koperasi membebankan iuran wajib untuk pengangkutan sampah. Setiap rumah dibebankan iuran sampah Rp 10.000 per bulan, dan nilainya naik secara bertahap menjadi Rp 20 ribu di tahun ini.

“Iuran itu hanya untuk mengganti biaya operasional, pemeliharaan kendaraan dan gaji dua pekerja. Ini juga untuk membangun tanggung jawab dari masyarakat. Toh nilainya tidak terlalu besar dan tidak memberatkan masyarakat,” tegasnya.

Di tahun 2011, KSU Kharisma Madani mulai bergerak dengan pengembangan usaha-usaha lainnya. Dimulai dengan penerbitan Tabloig Galang Kangin, dilanjutkan dengan unit usaha agro dengan branding Kharisma Farm dan travel agent dengan branding Khama Bali Travel.

Sumedana menjelaskan, ketiga unit usaha itu dibangun dengan misi  yang sejalan, yakni mengembangkan diri dan mengabdi untuk masyarakat. “Tabloid, kami buat sebagai media untuk memberikan lebih banyak informasi kepada masyarakat, agar masyarakat menjadi lebih berdaya,” jelasnya.

Melalui unit usaha agro, KSU Kharisma Madani menawarkan program Yarnen (bayar panen) Bali Madani. Program ini menyalurkan pupuk organik bagi petani. Sementara hasil panen petani nantinya akan diserap oleh koperasi dengan harga yang layak sesuai harga pasar.

Hingga kini, KSU Kharisma Madani sudah bekerjasama dengan lebih dari 1.250 petani dengan luasan hingga 500 hektar sawah di wilayah Denpasar dan Badung. “Kita menargetkan bisa menggarap lahan hingga 10.000 hektar lahan sawah se Bali,” tegas Sumedana.

Sumedana yang lahir dari keluarga petani mengungkapkan, program Yarnen itu semata untuk mensejahterakan petani dan memasyarakatkan kembali pertanian organik yang sudah cukup lama ditinggalkan petani kita. “Dengan pertanian organik, kita berharap hasil pertanian petani juga lebih sehat dan cemaran bahan kimia terhadap lingkungan semakin berkurang,” tambahnya.

Khusus untuk usaha travel agent, kata Sumedana, ditujukan untuk menggarap potensi pariwisata yang ada di Bali, yang tidak banyak digarap orang lokal sendiri. “Kita tahu Bali punya potensi besar di bidang pariwisata. Masak kita hanya diam saja melihat potensi itu? Karena itu, kami mencoba menggarapnya, dan sejauh ini hasilnya cukup memuaskan,” ujar pria berperawakan atletis ini. (viani)

Bagikan

SAJIAN TERBARU LAINNYA