Minggu, 24 Februari 2013

KSU Werdi Amertha JUNJUNG PRINSIP DASAR DAN ETIKA (Edisi II/2013)

Kehadiran koperasi di Bali yang terus menjamur, banyak disebut-sebut sebagai “koperasi merpati”.  Merpati berdatangan karena banyak makanan berserak, kemudian terbang lagi menghilang tanpa bekas. Banyaknya sumber bantuan dana yang mengucur ke koperasi pulalah yang diduga menyebabkan banyak pihak kemudian mendirikan koperasi.
Apapun alasannya, koperasi dinilai telah mempu menjadi penggerak perekonomian masyarakat.  Dari 4.407 koperasi yang kini berdiri di berbagai pelosok Bali, kata Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Bali Dewa Nyoman Patra, 90 persennya berkinerja baik. 
Salah satu yang kini mampu menggerakkan perekonomian masyarakat di sekitarnya adalah Koperasi Serba Usaha (KSU) Werdi Amertha yang berlokasi di Jalan Kenyeri, Denpasar.  Seperti halnya koperasi-koperasi lain, KSU Werdi Amertha juga punya kiat dan strategi usaha sendiri.
KSU yang “dikomandani” Dewa Gede Suratapa ini didirikan Agustus 2011. KSU dengan Akte Badan Hukum No. 249/BH/XXVII9/11/2012 ini mulanya hanya beranggotakan 36 orang dengan modal awal Rp 36.000.000.
Anita Tourisia selaku penggagas dan juga Manager Koperasi Werdi Amertha mengisahkan, saat mendirikan koperasi ini, ia dan teman-temannya hanya ingin mengumpulkan dana dan menyalurkannya kembali untuk kelompoknya saja,  tak perlu meminjam dana keluar.
‘’Kami ingin pinjaman dari anggota dan untuk anggota saja, tetapi kenyataannya tidak ada satupun anggota yang mau meminjam dana. Untuk itu kami sepakat memberikan pinjaman kepada pihak luar,’’ kenang Anita.
Ada tujuan mulia di balik semua itu, ingin memberdayakan dan mengangkat kehidupan anggota koperasi ini.  Karena itu pula selain pinjaman dana, juga ada pembiayaan untuk barang elektronik dan sembako. Jadi, apapun kebutuhan anggotanya, KSU Werdi Amertha akan menyediakannya. Tabungan, kredit harian dan bulanan, merupakan sebagian produk dari KSU Werdi Amertha.

    Setelah hampir 1,5 tahun usianya, kini KSU Werdi Amertha memiliki 359 nasabah tabungan serta 261 nasabah kredit yang berasal dari berbagai kalangan dengan beragam profesi. Setiap ada nasabah kredit yang baru, Anita punya kiat jitu sebelum meluluskan permohonan kredit nasabah. Ia biasanya akan menelepon koperasi-koperasi yang lain untuk mengecek apakah calon nasabahnya tersebut mempunyai kredit macet di koperasi lain.
“Sejauh ini kami belum menemukan kendala yang berarti karena semua masih bisa dibicarakan secara kekeluargaan. Pintar-pintarnya kita saja untuk mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi,’’ tambah Anita.
Sebagai koperasi yang masih tergolong muda, KSU Werdi Amertha terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan, mengutamakan kerjasama serta dikelola secara professional dan transparan serta makin memperluas jaringan kerjasama dengan pihak intern maupun ekstern.
‘’Kami ingin menjadi koperasi yang bermanfaat bagi anggota serta senantiasa menjunjung tinggi prinsip dasar koperasi dengan landasan etika kerja dan etika usaha yang benar,’’ beber Anita sembari tersenyum. (nda)


KSU Werdi Amertha
Jl.Kenyeri No.3, Denpasar – Bali
Telepon : 0361.233065 / 081338705767
Bagikan

SAJIAN TERBARU LAINNYA