Minggu, 24 Februari 2013

LEZATNYA SI KULIT LICIN BERKUMIS (Edisi II/2013)

Mencoba menu baru tentu menjadi hal yang wajib dilakukan para pecinta kuliner, apalagi ibu-ibu yang ingin memberi kejutan pada suami atau sang buah hati. Menu baru tentu memberi sensasi tersendiri yang dapat memanjakan selera keluarga.

Bagaimana dengan hidangan si kulit licin berkumis dengan daging lembut, lele? Lele, mulai banyak dijadikan sajian berkelas, tampil dengan visual menarik.  Lele yang memiliki nama latin Clarias batrachurs, L, disukai dan digemari oleh banyak orang. Namun tak semua orang menyukai lele dengan alasan ikan lele menyukai makanan busuk yang berprotein dan kotoran yang berasal dari kakus. Ikan lele memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Lele memiliki khasiat bagi kesehatan, mampu menjaga kesehatan otak serta melindungi Anda dari serangan jantung melalui kandungan alami yang terdapat pada lele. Tekstur daging lele yang empuk dan lembut ternyata memiliki kandungan omega3 dan omega6 yang tinggi seperti terdapat pada ikan salmon, ikan kod maupun makarel. Dengan mengkonsumsi seekor ikan lele berukuran sedang dapat memberikan kita sekurangnya 220 mg asam lemak omega3 serta sekitar 875 mg asam lemak omega6. Nutrisi yang terkandung pada ikan lele inilah yang dapat menjaga kesehatan otak serta jantung kita.

Lele yang kita konsumsi juga menjadi sumber asupan nutrisi protein yang dibutuhkan bagi tubuh. Kandungan asam aminonya menjadi sel pembentuk otot dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Di samping itu pula manfaat lele bagi kesehatan adalah dengan kandungan vitamin B12 yang dapat memenuhi 40% dari kebutuhan vitamin bagi tubuh. Vitamin B12 yang terdapat pada lele ini menjadi nutrisi yang membantu proses pencernaan dimana sumber makanan dijadikan nergi yang menjadikan Anda tidak cepat letih maupun lesu.



Resep 1 :
Lele Goreng Saus Cabai
Bahan :
•    150 gr tepung terigu, ayak
•    50 g tepung maizena
•    1/2 sdt merica bubuk
•    1/2 sdt garam
•    1 butir telur ayam, kocok
•    175 ml air
•    1 batang daun bawang, iris tipis
•    4 ekor (600 gr) lele segar, bersihkan, cuci dan tiriskan
•    minyak untuk menggoreng
Saus Cabai :
•    2 sdm mentega
•    2 siung bawang putih, cincang halus
•    2 buah cabai merah, buang biji, iris serong tipis
•    2 sdm saus tomat botolan
•    100 ml kaldu ayam
•    2 sdm kecap asin
•    2 sdm gula palem
•    1/2 sdt merica bubuk
•    2 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air



Cara Memasak :
Aduk tepung terigu, maizena, merica, garam, telur dan air hingga menjadi adonan yang licin. Masukkan daun bawang, aduk rata. Celupkan lele ke dalam adonan tepung hingga rata. Goreng lele dalam minyak panas hingga matang dan kekuningan, angkat dan tiriskan.

Saus :
Panaskan mentega, tumis bawang putih dan cabai hingga layu. Masukkan saus tomat botolan dan kaldu, didihkan. Tambahkan kecap, gula, merica dan larutan maizena. Masak sambil aduk-aduk hingga saus kental. Sajikan lele goreng bersama sausnya





Resep 2
Pecel Lele

Bahan :
Bumbu Halus :
1 sdm ketumbar
1 siung bawang putih
2 cm kunyit
½ sdm garam

Lalapan :
2 buah tomat, belah 4
1 buah mentimun, iris serong
6 pucuk daun kemangi, ambil daunnya
8 lembar daun poh-pohan

Cara membuat :
1. Bersihkan ikan lele, belah bagian perutnya, lalu buang isi perut dan insangnya. Cuci ikan hingga bersih dan tidak berlendir lagi.
2. Aduk lele dengan bumbu halus. Diamkan selama ½ jam agar bumbu meresap.
3. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan, masak ikan lele, goreng dengan api sedang hingga agak kering dan matang, angkat.
4. Sajikan lele sebagai lauk nasi putih atau nasi uduk dengan pelengkap sambal terasi dan lalapan.

Sambal Pecel Lele:
5 buah cabe merah besar, goreng
10 buah cabe rawit, goreng
2 buah tomat, goreng
4 siung bawang putih, goreng
2 siung bawang merah, goreng
4 buah kemiri, goreng
1 sdt air jeruk limau/nipis
1 sdt garam

Campur semua bahan sambal di dalam cobek, haluskan dengan ulekan hingga lembut.
Lalapan Pelengkap:
Timun
Daun kemangi
Tomat .





=========================================================================

TIPS BERSIHKAN IKAN LELE

Setiap ikan mempunyai cara tersendiri untuk membersihkannya. Begitu juga dengan ikan lele.  Meski kelihatan gampang, tapi cukup merepotkan. Selain licin, patil yang dimiliki ikan lele membuat kita keder untuk memegangnya. Tak perlu takut, berikut tips membersihkan lele dengan cepat.
-    Siapkan pisau yang tajam, pegang ikan lele menggunakan tangan kiri dengan posisi telunjuk dan jari tengah berada di antara patil, sementara ibu jari menekan leher ikan.
-    Mulailah membelah lele menggunakan pisau dengan membelah perut dari leher ke arah ekor.
-    Kembali belah lele pada bagian lehernya dari atas ke bawah.
-    Selanjutnya keluarkan jeroan lele dengan cara mendorong dari arah ekor ke atas menggunakan ibu jari kanan. Agar lebih aman, patahkan leher lele untuk memutus fungsi saraf kepala ke ekornya, sehingga ikan tidak bergerak.
-    Belahlah bagian bawah kepala ikan lele, dari arah leher ke mulut untuk mengeluarkan insangnya.
-    Selanjutnya bilas lele dengan air bersih yang telah dicampur dengan air cuka atau jeruk nipis atau garam untuk menghilangkan lendirnya.


Bagikan

SAJIAN TERBARU LAINNYA