Senin, 21 Mei 2012

Berbisnis “Online” BEKERJA JUJUR, BEREAKSI CEPAT (Edisi V/2012)

Perkembangan teknologi informasi terutama internet telah memberikan dampak yang begitu besar bagi masyarakat dunia. Termasuk dunia bisnis dengan berkembangnya bisnis online dimana dimungkinkan terjadi transaksi antara orang-orang yang berada di belahan dunia yang berbeda tanpa terbatas ruang dan waktu. Tentu ini menjadi peluang yang sangat menguntungkan jika dimanfaatkan dengan benar.

Head management support Aneka Surya Globalindo, I Wayan Mustika, mengungkapkan bisnis yang dijalankan secara online dengan memanfaatkan sistem global memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan bisnis yang dijalankan secara manual. Terlebih saat ini akses interet sangat mudah didapatkan. Dimana alat komunikasi seperti handphone yang jamak digunakan oleh masyarakat banyak, telah didukung dengan kemampuan koneksi internet.

“Dibandingkan dengan bisnis yang dijalankan secara manual, bisnis yang dilakukan secara online memiliki banyak kelebihan. Terutama dari segi kecepatan untuk memberikan informasi yang up to date bagi pelanggan. Bandingkan jika harus datang dari satu pelanggan ke palanggan tentu banyak menyita waktu. Sementara jika online, cukup dengan sekali untuk meng-update informasi di web maka semua pelanggan dapat memperoleh informasi terbaru,” jelasnya.

Akan tetapi untuk dapat mengelola bisnis online dengan baik, tetap diperlukan respon yang cepat terhadap semua pertanyaan maupun pesanan yang datang. Ini dikarenakan dalam sekejap banyak hal bisa terjadi. Terlebih orang yang melakukan transaksi secara online sangat mengutamakan kecepatan dan ketepatan. Respon yang terlalu lama akan membuat pelanggan pergi begitu saja.

Mustika menuturkan bisnis online sejatinya sama dengan bisnis yang dijalankan secara manual. Kejujuran menjadi faktor yang paling penting dalam menjalankan bisnis. Termasuk kualitas barang yang dijual. Hanya saja masih ada orang yang memanfaatkan bisnis online untuk mengeruk keuntungan pribadi dengan melakukan penipuan. Inilah yang memberikan citra negatif pada bisnis online.

“Masih ada saja oknum yang memanfaatkan bisnis online untuk hal-hal yang merugikan konsumen. Biasanya mereka minta untuk ditransfer uang terlebih dahulu sebelum barang dikirim. Setelah uang ditransfer ternyata barangnya tidak dikirim. Ada juga yang barangnya tidak sesuai dengan spesifikasi yang dipromosikan, akibatnya pelanggan dirugikan,” ungkapnya.

Kondisi ini membuat seorang pengusaha harus berani mengambil terobosan sekaligus risiko. Rendahnya tingkat kepercayaan masyarakat di Indonesia harus diatasi dengan sistem transaksi yang berbeda. Pelanggan harus diberikan service dimana pembayaran baru dilakukan setelah barang diterima atau dikenal juga dengan pay on deliver.

Building trust menjadi begitu penting demi kontinuitas bisnis. Jika seseorang ingin usahanya bisa berjalan dalam jangka panjang dan tumbuh menjadi besar serta menggurita, kepercayaan konsumen yang harus pertama-tama dibangun. Keuntungan besar tentu tak bisa diraih hanya dalam hitungan hari. Diperlukan keuletan serta kerja keras tanpa henti. Dan kejujuran menjadi faktor yang paling menentukan.

Naikkan Ranking

Ada beberapa hal yang harus dilakukan seorang pengusaha jika ingin sukses dalam bisnis online. Pertama, harus paham dengan internet sebagai pendukung utama dalam bisnis ini. Kedua, seorang pengusaha harus mampu melakukan pemeliharaan terhadap web yang dimiliki sehingga mendapatkan ranking di google. Pengusaha harus rajin update.

“Kalau tak bisa membuat atau memelihara web ini yang akan membuat lambat. Ini terkait dengan Search Engine Operation (SEO). Kita harus rajin review. Ini memang cara paling bodoh tapi paling bisa diterima SEO. Selain itu web juga harus disupport oleh web-web lain yang langsung link dengan web utama. Web pendukung ini bisa dibuat pada layanan-layanan yang bisa didapat secara gratis. Awalnya memang susah dan harus tekun, tapi begitu jalan uang bisa datang saat kita duduk di rumah,” jelasnya. (ayu)

MEMBANGUN KEPERCAYAAN

MAKIN hari persaingan di bisnis online semakin ketat, karenanya diperlukan langkah cepat karena perubahan terjadi dalam hitungan detik. Kreativitas menjadi kunci utama dalam memenangkan persaingan. Memang selama ini marketing dalam bisnis online terutama yang ada di Indonesia masih sangat dangkal dimana hanya berkutat pada harga.

Kondisi semacam ini sangat tidak sehat bagi perkembangan bisnis. Harga yang terlalu murah berisiko merusak pasar. Sementara itu dengan penawaran harga rendah seringkali barang yang dijual tak sesuai dengan spesifikasi barang yang ditawarkan. Akibatnya pelanggan yang merasa tertipu akan memberikan cap buruk terhadap bisnis online. Akibatnya pengusaha yang jujur akan dirugikan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Masih rendahnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap bisnis online di Indonesia juga harus diakali pengusaha dengan membuat tempat seperti bisnis yang dijalankan secara manual. “Memang banyak yang mencari barang di internet, akan tetapi biasanya mereka hanya ingin mencari perbandingan harga atau mengetahui perkembangan produk terbaru. Akan tetapi saat membeli mereka lebih memilih belanja secara langsung. Mereka masih seperti ini karena takut ditipu,” ungkapnya.

Meski tingkat kepercayaan masih rendah akan tetapi Mustika meyakini prospek bisnis online ke depannya sangat cerah, terlebih dengan gaya hidup masyarakat saat ini yang tak bisa lepas dengan internet. Satu langkah yang perlu dilakukan yakni bagaimana membangun kepercayaan masyarakat dengan memberikan pelayanan yang terbaik.(ayu)

Bagikan

SAJIAN TERBARU LAINNYA